Gambar Berita
Yunita Sari Selasa, 13 April 2021 - 09:26:53 WIB. | 2873

Workshop Enumerator Penelitian “Global Adult Tobacco Survey (GATS)”

Indonesia telah melaksanakan GATS pertama pada tahun 2011, yang telah banyak digunakan oleh Kementerian Kesehatan dan masyarakat sipil untuk memajukan kebijakan dan peraturan pengendalian tembakau. GATS memberikan informasi tentang konsumsi tembakau, perokok pasif, tembakau tanpa asap, media, ekonomi, pengetahuan tentang dampak kesehatan pada tembakau, dan penghentian merokok. Pada tahun 2012, Pemerintah Indonesia telah mengeluarkan Peraturan Pemerintah No. 109 Tahun 2012 tentang Pengendalian Tembakau. Putaran kedua GATS akan menjadi penting bagi Pemerintah Indonesia untuk mendapatkan perkiraan yang cukup andal tentang prevalensi penggunaan tembakau di kalangan orang dewasa Indonesia dan sebagai basis bukti untuk panduan kebijakan dalam meningkatkan kebijakan dan peraturan pengendalian tembakau.

Secara umum, GATS dirancang untuk menyediakan alat pemantauan sistematis untuk penggunaan tembakau orang dewasa dan mengikuti indikator utama pengendalian tembakau. Putaran kedua GATS diperlukan untuk memberikan bukti yang lebih kuat untuk advokasi dan pengembangan kebijakan program pengendalian tembakau nasional di negara tersebut. Secara khusus, informasi dari GATS akan berguna untuk mengukur implementasi kebijakan dalam hal kawasan bebas asap rokok, penghentian tembakau, peringatan kesehatan bergambar, kampanye media massa anti tembakau. Setelah GATS sebelumnya pada tahun 2011, penting untuk mengukur perubahan atau peningkatan isu terkait tembakau, dan mempelajari dampak kebijakan nasional terhadap perilaku penggunaan tembakau. Selain itu, penerapan GATS putaran kedua akan memberikan perubahan seiring waktu serta perbandingan lintas negara.

Workshop Enumerator dilaksanakan dalam rangka persiapan pengumpulan data Penelitian “Global Adult Tobacco Survey (GATS)” diselenggarakan tanggal 24-28 Maret 2021 di Royal Kuningan Hotel , Jl. Kuningan Persada No.Kav. 2, Kota Jakarta Selatan, yang dihadiri oleh  Kepala Puslitbang Upaya Kesehatan Masyarakat , Koordinator Substansi Pencegahan dan Pengendalian Penyakit , Koordinator Substansi Kesehatan Masyarakat , Koordinator Substansi Tata Usaha , Koodinator Sub Subtansi Penyakit Tidak Menular dan Kesehatan Jiwa, Kepala Sub Bagian Administrasi Umum , WHO Representative Indonesia, Panitia Pembina Ilmiah Puslitbang Ukesmas, Tim peneliti GATS, Tim administrasi GATS.

Dalam kesempatan tersebut Kepala Pusat Penelitian Dan Pengembangan Upaya Kesehatan Masyarakat yakni Bapak Ir. Doddy Izwardy, MA, memaparkan antara lain Survei rokok nasional ini atau yang lebih sering kita gunakan dengan istilah GATS ini, merupakan survey yang secara lebih spesifik dapat mengukur dampak implementasi kebijakan pengendalian dan pencegahan konsumsi tembakau, dengan kelebihan menggunakan instrument dan metode berstandard global, sehingga memungkinkan untuk perbandingan antar negara. Indonesia telah melaksanakan GATS yang pertama pada tahun 2011, dan dengan adanya GATS 2021 ini dapat bermanfaat untuk melihat perubahan dampak kebjiakan pemerintah untuk pengendalian dan pencegahan kebiasaan merokok dari aspek konsumsi, ekonomi, pengetahuan, persepsi dan sikap akan bahaya merokok, upaya berhenti merokok, paparan asap rokok, serta peran media.  


Berita Terkait

  • Workshop Penyusunan Buku Ber-ISBN dan Penulisan Artikel Tembus Jurnal bereputasi

    Selengkapnya
  • Sosialisasi dan Advokasi Hasil Penelitian Studi Determinan Status Gizi (SDSG) 2020, Studi Kualitas Air Minum Rumah Tangga (SKAM RT) dan Penyampaian Hasil Kajian Covid-19 Puslitbang Upaya Kesehatan

    Selengkapnya
  • Penelitian Asesmen Cepat Kualitas Air Minum Di Indonesia Tahun 2020

    Selengkapnya
  • Apa Yang Harus Ketahui Terkait Hand Sanitizers!

    Selengkapnya
  • Peluncuran Buku Profil Ketersediaan Sarana Air, Sanitasi dan Higiene di Puskesmas Tahun 2020

    Selengkapnya

Cari Informasi di Website Kami

Puslitbang Upaya Kesehatan Masyarakat

Jl. Percetakan Negara No. 29, Gd.5 Kotak Pos 1226 Jakarta 10560 Indonesia
(021) 42872392, 4241921

Peta Situs Kontak Kami
Best View Desktop: Google Chrome (1920 x 1080)