Gambar Berita
Yunita Sari Jumat, 30 April 2021 - 13:59:33 WIB. | 2728

Audiensi Penelitian Studi Kohor FRPTM dan TKA

Sejak tahun 2011 Puslitbang Ukesmas Badan Litbangkes telah melakukan penelitian Studi Kohor Faktor Risiko Penyakit Tidak Menular yang bertujuan untuk Mempelajari gambaran penyakit tidak menular utama secara prospektif dan longitudinal terhadap (faktor perilaku, biomedis, genomik) untuk mendapatkan informasi insiden sindrom metabolik dan PTM utama (penyakit jantung koroner/PJK, diabetes melitus/DM, stroke) dan riwayat alamiah penyakit.

Penelitian ini dilatar belakangi oleh PTM utama di umur dewasa merupakan penyebab kematian tertinggi dan kecenderungan peningkatan dari tahun ke tahun. PTM utama umumnya bersifat kronis, membutuhkan biaya pengobatan besar, dan dapat menimbulkan cacat/disabilitas yang mengakibatkan penurunan produktifitas kerja. Penyakit tersebut pada dasarnya dapat dicegah dengan pengendalian secara efektif terhadap faktor risikonya melalui informasi riwayat alamiah masingmasing penyakit termasuk bagaimana kecepatan perubahan faktor risiko menjadi PTM utama. Beberapa faktor seperti genomik faktor, dosis dan intensitas faktor risiko, prediktor utama PTM, serta kecepatan perubahan faktor risiko terhadap PTM utama yang spesifik bagi masyarakat Indonesia belum banyak diketahui. Atas dasar kondisi diatas, perlu dilakukan secara longitudinal dengan desain studi studi kohor prospektif “population based” untuk mengukur insiden dan menilai faktor risiko penyakit tidak menular yang spesifik untuk kondisi di Indonesia, khususnya di Kota Bogor.

Sedangkan Studi Kohor Tubuh Kembang Anak sudah berlangsung sejak tahun 2012, dilatarbalakangi fakta bahwa gangguan gizi pada ibu hamil dan anak usia dini serta faktor risiko penyakit tidak menular. Kondisi tersebut diduga saling berkaitan erat, sesuai dengan kerangka teori yang menunjukan bahwa adanya gangguan gizi pada masa janin dan awal kehidupan berhubungan erat dengan risiko penyakit tidak menular pada usia dewasa. Baik Studi Kohor Faktor Risiko Penyakit Tidak Menular maupun Tumbuh Kembang Anak dilaksanakan di 5 Kelurahan di Kecamatan Bogor Tengah, Kota Bogor. Jumlah sampel awal Studi Kohor FRPTM sebanyak 5000 responden, namun ada responden yang meninggal dunia, pindah maupun mengundurkan diri sehingga jumlah responden aktif hingga tahun 2021 sebanyak 4050 orang. Adapun jumlah sampel anak yang direncanakan akan diikuti dari masa janin (hamil) sampai anak berusia 18 tahun adalah 2170 anak. Data utama yang dikumpulkan 2 dan diamati adalah data pertumbuhan dan perkembangan anak sejak janin hingga brusia 18 tahun, serta faktor risiko penyakit tidak menular yang muncul selama masa pengamatan. Manfaat penelitian ini untuk Kota Bogor yaitu tersedianya data penyakit tidak menular penduduk usia dewasa (termasuk ibu hamil) dan tumbuh kembang anak beserta faktor risikonya secara berkesinambungan. Merancang ulang upaya kesehatan masyarakat dalam rangka peningkatan kualitas sumber daya manusia yang berdaya saing tinggi. Monitoring dan evaluasi (monev) terhadap implementasi program yang sudah dilaksanakan.

Kegiatan Penelitian Studi Kohor Faktor Risiko Penyakit Tidak Menular dan Studi Kohor Tumbuh Kembang Anak Tahun 2021 mengadakan  pertemuan Audiensi, pada tanggal Rabu, 14 April 2021 berlokasi di Ruang Rapat Paseban Narayana Balaikota Bogor, Jl. Ir. Juanda No. 10 Kota Bogor. Dan dihadiri oleh Wakil Walikota Kota Bogor , Direktur RSUD Kota Bogor, Kepala Puslitbang Upaya Kesehatan Masyarakat, Badan Litbangkes, serta Peneliti Studi Kohor FRPTM dan TKA.

Tujuan kegiatan ini antara lain yakni Audiensi untuk menyampaikan Rencana Kegiatan Studi Kohor FRPTM dan TKA tahun 2021 kepada Wakil Walikota Bogor .  


Berita Terkait

  • Pelantikan Pejabat Fungsional Peneliti, Koordinator KS dan Sub-Koordinator KS di Lingkungan Puslitbang Upaya Kesehatan Masyarakat

    Selengkapnya
  • Pelantikan Pejabat Fungsional KS Tata Usaha Puslitbang Upaya Kesehatan Masyarakat

    Selengkapnya
  • Workshop Enumerator Penelitian “Global Adult Tobacco Survey (GATS)”

    Selengkapnya
  • Workshop Penyusunan Buku Ber-ISBN dan Penulisan Artikel Tembus Jurnal bereputasi

    Selengkapnya
  • Sosialisasi dan Advokasi Hasil Penelitian Studi Determinan Status Gizi (SDSG) 2020, Studi Kualitas Air Minum Rumah Tangga (SKAM RT) dan Penyampaian Hasil Kajian Covid-19 Puslitbang Upaya Kesehatan

    Selengkapnya

Cari Informasi di Website Kami

Puslitbang Upaya Kesehatan Masyarakat

Jl. Percetakan Negara No. 29, Gd.5 Kotak Pos 1226 Jakarta 10560 Indonesia
(021) 42872392, 4241921

Peta Situs Kontak Kami
Best View Desktop: Google Chrome (1920 x 1080)