Gambar Berita
Yunita Sari Selasa, 04 Mei 2021 - 12:18:32 WIB. | 2677

Rakornis Provinsi Korwil II Studi Status Gizi Indonesia

Strategi Pemerintah dalam upaya penanggulangan stunting dituangkan dalam  bentuk 5 Pilar Strategi Nasional (STRANAS) Percepatan Pencegahan Stunting 2018-2024. Salah satu pilar penting dari STRANAS Percepatan Pencegahan Stunting adalah pemantauan dan evaluasi. Oleh karena itu diperlukan sistem pendataan yang dapat memantau secara akurat dan data prevalensi stunting  di tingkat nasonal dan kabupaten/kota. Sehingga sejak tahun 2019 dilakukan survei status gizi Balita yang dilanjutkan setiap tahun sampai tahun 2024. Karena saat ini, baik di tingkat global maupun di Indonesia masih dalam kondisi Pandemi COVID-19 maka pelaksanaan SSGI tahun 2021 akan dilaksanakan dengan Protokol Kesehatan COVID-19.

Kegiatan penelitian ini dilaksanakan Rakornis tingkat provinsi di Gedung UPF IPS Bogor tanggal 26 April 2021 yang bertujuan antara lain yakni memantapkan kesiapan daerah (Kab/Kota) untuk melaksanakan SSGI 2021 melalui Rapat Koordinasi Teknis Tingkat Provinsi. Dan dihadiri secara daring maupun luring yakni Ketua Korwil,Kadinkes Provinsi,, Kadinkes Kab/Kota, Kepala BPS Provinsi,Ketua Satgas Covid-19, Provinsi Ketua Satgas Covid-19, Kabupaten/Kota PJO, Dinkes Provinsi PJAL, Dinkes Provinsi, PJO Dinkes Kab/Kota, PJAL Dinkes Kab/Kota, Pendamping Teknis Provinsi 2021, Tim Manajemen Korwil, PJ Provinsi PJT Kab/Kota, SAL Provinsi.

Dalam paparannya mewakili Kepala Puslitbang Ukesmas yaitu  Sub-Koordinator Kelompok Sub- Substansi Penyakit Menular  yakni Ibu Jusniar Ariati, S.Si., M.Si menegaskan dalam pembukaan antara lain yaitu pelaksanaan riset nasional membutuhkan kerja cerdas dan kerja keras dari semua pihak. Tiap bagian tim memiliki peran penting dalam menyukseskan SSGI 2021. Rakornis provinsi merupakan langkah awal dari SSGI untuk mensosialisasikan rencana pelaksanaan yang telah disusun bersama-sama oleh tim SSGI 2021 di tingkat provinsi. Saya harap pada Rakornis ini, rancangan kegiatan akan tersampaikan dengan baik sehingga seluruh dinas kesehatan kabupaten/kota dapat memahami perannya dalam SSGI 2021. Kami mengharapkan dukungan bapak ibu sekalian  sekalian terutama ketika pelaksanaan pelatihan dan pengumpulan data di lapangan.  


Berita Terkait

  • Audiensi Penelitian Studi Kohor FRPTM dan TKA

    Selengkapnya
  • Pelantikan Pejabat Fungsional Peneliti, Koordinator KS dan Sub-Koordinator KS di Lingkungan Puslitbang Upaya Kesehatan Masyarakat

    Selengkapnya
  • Pelantikan Pejabat Fungsional KS Tata Usaha Puslitbang Upaya Kesehatan Masyarakat

    Selengkapnya
  • Workshop Enumerator Penelitian “Global Adult Tobacco Survey (GATS)”

    Selengkapnya
  • Workshop Penyusunan Buku Ber-ISBN dan Penulisan Artikel Tembus Jurnal bereputasi

    Selengkapnya

Cari Informasi di Website Kami

Puslitbang Upaya Kesehatan Masyarakat

Jl. Percetakan Negara No. 29, Gd.5 Kotak Pos 1226 Jakarta 10560 Indonesia
(021) 42872392, 4241921

Peta Situs Kontak Kami
Best View Desktop: Google Chrome (1920 x 1080)